Cetak undangan pernikahan hard cover cukup mahal daripada mencetak undangan pernikahan soft cover. Padahal, Anda harus bisa meminimalkan pengeluaran satu hal untuk hal lainnya.

Cara Membuat Undangan Pernikahan Hard Cover Sendiri

Membuat hard cover untuk undangan pengantin Anda tidak susah untuk dilakukan. Anda hanya perlu berusaha dengan teliti dan tidak mudah menyerah untuk melakukannya. Namun, untuk membuat undangan pernikahan hard cover membutuhkan waktu yang cukup lama jika, Anda membuat undangan lebih dari 10 buah. Jika Anda ingin memberikan undangan hard cover pada saudara, teman dekat, maupun sahabat, membuat sendiri undangan hard cover terdengar sangat spesial dan memberikan arti tersendiri untuk Anda dan pasangan.

Untuk membuat undangan hard cover bahan yang digunakan tidak terlalu banyak, murah, dan mudah untuk dibeli. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikan masing-masing undangan yang akan diberikan. Hal tersebut bisa menjadi ciri khas tersendiri bagi setiap penerimanya. Sebelumnya, Anda perlu mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan undangan hard cover. Bahan dan alat yang digunakan diantaranya:

  • Kertas karton tebal yang sudah dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.
  • Kertas lapisan luar, Anda bisa menggunakan undangan soft cover yang sudah dicetak sebelumnya,
  • Kertas lapisan dalam, bisa menggunakan undangan soft cover.
  • Kertas isi undangan.
  • Kuas.
  • Double tape.
  • Lem yang kuat.

Setelah bahan dan alat dipersiapkan, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk pembuatan undangan pernikahan hard cover.

  • Persiapkan dua kertas karton yang sudah dipotong-potong menyesuaikan kebutuhan Anda. Lalu, beri lem kuat di salah satu sisi kedua kertas karton tersebut. Gunakan kuas untuk memberi lem pada kertas karton agar lem bisa merata dengan sama banyak.
  • Jika sudah merata, tempelkan kedua kertas karton yang sudah diberi lem pada di satu kertas lapisan luar. Usahakan kertas lapisan luar berukuran lebih besar dari karton agar memberikan sedikit ruang di setiap sisinya. Berikan jarak sekitar 0,5 centimeter di kedua karton agar sebagai pembatas untuk melipat undangan. Gosok bagian kertas lapisan luar dengan menekan pelan dan menggosoknya agar kertas dan karton menempel dengan rekat. Diamkan sejenak hingga mengering.
  • Jika sudah kering, kuaskan lem pada masing-masing sisi kertas lapisan luar dan rekatkan dibagian dalam kertas lapisan luar, jangan tempel di bagian dalam karton. Jika sudah, beri lem lagi pada bagian dalam karton hingga merata lalu, segera tempel dengan kertas lapisan dalam. Gosok seperti sebelumnya hingga kertas lapisan dalam merekat dengan sempurna. Tunggu hingga lem mengering.
  • Setelah itu, beri double tape pada bagian tengah kertas yang sebelumnya sudah diberi jarak 0,5 centimeter. Lalu, rekatkan kertas isi undangan di kedua sisi dengan rapi. Dan selesailah undangan hard cover Anda.

Dengan membuat sendiri, Anda bisa menghemat biaya di bagian cetak undangan pernikahan hard cover. Namun jika ingin lebih praktis, maka memesan undangan di tempat jasa cetak profesional yang terpercaya bisa menjadi pilihan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *