Manakah dari besi galvanis, galvalum, dan zincalum yang terbaik sebagai material rangka baja ringan?

Mari kita cek dulu rincian dari masing-masing lapisan anti karat baja ringan tersebut.

Galvanis

Baja lapisan seng atau zenc yang berdasarkan standar internasional punya ketebalan minimal 180 gram per meter persegi. Lapisan besi galvanis paling tebal mencapai 220 gram per meter persegi. Ukuran ketebalan ini direkomendasikan demi menghindari risiko korosi pada rangka baja ringan.

Bila ketebalannya kurang dari standar, dikhawatirkan akan mudah mengeropos dan berpotensi mengalami kerusakan dini. Lapisan anti karat berbahan zenc yang dominan ini sudah cukup bagus untuk pemasangan atap.

Galvalum

Produk ini banyak beredar di Indonesia dan sering direkomendasikan. Tingkat ketebalannya juga beragam. Saking beragamnya, nyaris tidak ada patokan standar ukuran yang bisa ditentukan dari galvalum. Hal ini disebabkan oleh distribusinya yang merupakan hasil impor dari negara berbeda-beda.

Berbagai merek dari negara yang berbeda-beda itulah yang memberikan opsi harga variatif dan terjangkau. Apabila menghendaki penekanan biaya dengan mutu yang cocok, galvalum memang jadi pilihan yang tepat. Namun harus dicek dulu tingkat ketebalannya yang disesuaikan perkiraan kondisi pemasangan di rangka atap bangunan.

Zincalum

Lapisan anti karat dengan komposisi alumunium yang dominan dibandingkan zenc/galvanis. Ada campuran silikon sebesar 1,5 persen di zincalum. Kalau zincalum ini benar-benar dibuat dari bahan dasar alumunium, tampilannya tidak akan terlalu mengkilat.

Tingkat ketebalannya pun standar, alias tidak mencolok apalagi terlalu tipis. Apabila produk diklaim sebagai zincalum namun tampilannya sangat tipis, besar kemungkinannya bahwa kandungan alumuniumnya terlalu sedikit.

Jadi, Manakah Yang Terbaik?

Nah, ingatlah bahwa yang dibutuhkan harus sesuai dengan persiapan. Khususnya jika menyangkut soal anggaran. Rata-rata orang di Indonesia cenderung memandang harga yang lebih murah sebagai patokan. Padahal belum tentu itu akan sesuai dengan rancangan konsep atap baja ringan yang akan dibangun.

Untuk memudahkan memilih dari 3 lapisan anti karat baja ringan yaitu besi galvanis, galvalum, zincalum, sebaiknya pertimbangkan bersama jasa yang akan melakukan perencanaan dan pemasangan rangka atap baja ringan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *