Cetak packaging adalah keputusan yang tepat bagi Anda selaku pebisnis kuliner. Tapi, pastikan dibuat dari bahan yang bagus, aman dan bisa menjamin kesehatan konsumen. Selain itu cetak packaging juga menjadi salah satu cara untuk branding produk, selain itu sudah banyak penyedia jasa percetakan packaging murah di jakarta.

Syarat Kemasan Makanan yang Baik

Dalam industri makanan, packaging memiliki peranan yang amat vital, yakni melindungi produk dari kotoran, benturan, pengaruh cuaca dan lain-lain. Ia juga dapat mempermudah penyimpanan, pemajangan serta pendistribusian. Tak hanya itu, kemasan bisa menjadi tempat penempelan merek produk, komposisi, nama produsen, kode produksi, tanggal kadaluwarsa dan informasi-informasi yang berkaitan dengan makanan tersebut.

Oleh karenanya, packaging harus dirancang supaya memenuhi persyaratan atau faktor-faktor penting dari produk, antara lain:

–               Ergonomis, yaitu mudah dibawa, dipegang serta dibuka.

–               Estetika, meliputi desain logo, pemilihan huruf, tata letak tulisan, perpaduan warna, ilustrasi dan sebagainya.

–               Identitas, yakni sesuatu yang membuat tampilan kemasan berbeda dengan produk lain.

Untuk memilih bentuk, model dan desainnya sendiri, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

Kesesuaian Produk dengan Bahan Kemasan

Ada banyak material packaging yang dapat digunakan untuk membuat kemasan makanan atau minuman. Tapi, tidak semua bisa diterapkan untuk produk-produk tertentu. Contohnya, makanan basah dan berlemak yang dibungkus dengan kertas atau styrofoam, tentu tidak tahan lama, bukan? Belum lagi, keamanannya tidak terjamin.

Jadi, tentukan kemasan yang cocok dengan karakter produk Anda. Misal, produk minuman berupa air mineral dapat dimasukkan ke dalam gelas atau botol plastik. Agar mengetahui packaging yang tepat dan aman untuk makanan, perhatikan tips di bawah ini:

–               Pilih kemasan makanan yang berbahan dasar kertas food grade, yakni kertas yang tidak mengandung logam dan bahan-bahan kimia nan berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut telah diuji di laboratorium oleh lembaga terpercaya.

–               Tidak disarankan untuk menggunakan packaging makanan yang telah melalui proses varnish OPV (offset printed vurnish) atau varnish UV (ultra violet). Sebab, keduanya melibatkan bahan yang tidak baik untuk kesehatan. Varnish memang dilakukan untuk membuat kemasan tampak mengkilap dan eksklusif, tapi Anda bisa menggantinya dengan varnish WB (water based) karena umumnya memanfaatkan material air, yang mana aman untuk makanan.

Ukuran dan Ketebalan Bahan

Ukuran perlu dipikirkan dengan baik karena berkaitan dengan sedikit-banyaknya isi produk yang dimasukkan ke dalam packaging. Sementara ketebalan bahan dapat mempengaruhi ketahanan produk di dalam kemasan. Apabila produk yang dibungkus sangat ringan, seperti kerupuk atau keripik, lebih baik dibuat dengan ukuran yang besar dan ketebalan cukup supaya tidak mudah melempem.

Bentuk Kemasan

Ini berkaitan dengan faktor estetika. Jadi, bentuk kemasan harus dibuat unik dan kreatif agar menjual. Misalnya, untuk minuman rasa buah Anda bisa membuat kemasan dari dus kertas yang dibentuk tabung atau menyerupai buah tersebut.

Cetak Packaging Terbaik dan Berkualitas

Untuk mendapatkan kemasan produk makanan yang sesuai dengan kriteria-kriteria di atas, Anda bisa menghubungi jasa cetak packaging profesional. Di sana tersedia beragam packaging dengan bentuk, model, desain dan bahan yang bervariasi. Apalagi tarif pembuatannya cukup terjangkau. Banyak pelanggan yang telah mempercayakan bungkusan produknya pada kami. Anda bisa melihat testimoni atau ulasan yang tertera di situs resmi perusahaan.

Jangan ambil resiko dengan memilih kemasan yang tidak berkualitas. Sebaiknya, pikirkan matang-matang untuk cetak packaging dengan bahan yang menjamin kesehatan pelanggan Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *