Perbedaan blender dan juice extractor sebenarnya terletak pada jus yang dihasilkan nantinya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan perbedaan dari masing-masing alat tersebut.

Blender

Blender adalah alat yang sangat sering digunakan dalam membuat jus. Tetapi, jus yang dihasilkan oleh mesin yang satu ini masih terdapat kandungan seratnya. Serat memang sangat bermanfaat untuk tubuh, tetapi ada sebagian orang yang tidak ingin mengkonsumsi jus dengan ampas yang banyak. Sehingga, setelah jus tersebut di blender, maka ampas tersebut biasanya disaring terlebih dahulu. Ampas yang telah disaring tersebut kemudian dibuang.

Walaupun demikian, anda tidak perlu khawatir jika kehilangan serat seluruhnya, karena ada sebagian serat yang masih terdapat pada sari buah atau sayuran. Serat tersebut berupa serat makanan yang larut dalam air. Supaya mendapatkan manfaat serat yang banyak, maka sebaiknya jus yang dihasilkan tidak perlu disaring. Namun bisa langsung diminum dengan ampasnya juga.

Juice extractor

Dengan menggunakan juice extractor ini, tentunya anda bisa dengan mudah memisahkan antara sari buah atau sayuran dengan ampasnya. Dengan begitu, sari yang dihasilkan tersebut bisa langsung anda konsumsi tanpa membutuhkan proses penyaringan terlebih dahulu. Juice extractor memiliki dua tipe, yaitu masticating dan centrifugal. Perbedaan utama keduanya terletak pada proses bahan yang akan disiapkan nantinya. Juice extractor yang banyak dikenal orang adalah juice extractor Santos.

  • Extractor tipe masticating

Untuk textractor tipe ini, maka buah-buahan atau sayuran yang akan dijus tidak perlu dipotong-potong terlebih dahulu. Anda hanya perlu memasukkannya langsung semua buah-buahan atau sayuran tersebut ke extractornya.

  • Extractor tipe centrifugal

Sedangkan untuk tipe centrifugal, maka bahan-bahan yang akan dijadikan sebagai jus harus dipotong-potong terlebih dahulu dengan ukuran yang kecil-kecil dalam wadah plastik. Dan hasil akhirnya adalah sari jus dengan ampasnya akan terpisah.

Dalam pemilihan alatnya, maka semuanya tergantung kepada anda masing-masing. Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda bisa memilih alat yang bisa memudahkan anda dalam membuat jus yang segar. Demikianlah beberapa ulasan mengenai perbedaan blender dan juice extractor.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *