Sebagai karyawan di sebuah perusahaan, Anda pasti pernah mendapatkan BST. BST merupakan singkatan dari Basic Safety Training adalah pelatihan yang didapatkan oleh semua karyawan perusahaan agar para karyawan dapat menjaga diri dari kecelakaan, baik pada saat bekerja di dalam ruangan maupun pada saat berkendara. Salah satu mencegah hal tersebut terjadi pada karyawan adalah dengan menerapkan kaidah-kaidah keselamatan dan kesehatan kerja atau K3.

Training K3 merupakan bagian dari pelatihan keselamatan yang dapat meningkatkan ikatan dalam bekerja dan juga peran aktif perusahaan terhadap semua karyawan. Adanya pelatihan ini juga dapat membangun hubungan baik para karyawan dan juga atasan perusahaan tersebut. Training k3 membuat para karyawan memahami betapa pentingnya suatu keselamatan dan kesehatan diri untuk dapat menjalankan pekerjaan di perusahaan tersebut dengan maksimal.

Training k3 yang diberikan meliputi keahlian dan pengetahuan. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi keselamatan dan kesehatan kerja karyawan. Adapun pelatihan k3 yang sering ditemui pada suatu perusahaan berupa peraturan perusahaan, peraturan k3, profil perusahaan, pelatihan keselamatan, alat pelindung diri, instruksi pencegahan kecelakaan, prosedur kerja sesuai standar pekerjaan, dan sebagainya. Pelatihan semacam itu memberikan banyak manfaat bagi semua orang.

Manfaat dengan adanya pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja, antara lain:

  • Semua orang menjadi lebih tahu tentang pengetahuan bahaya dan risiko dalam suatu pekerjaan. Dengan pengetahuan tersebut dapat mengurangi risiko dan bahaya terjadinya kecelakaan.
  • Mengurangi angka kecelakaan dalam bekerja dan penyakit yang ditimbulkan dari kerja berlebih. Hal tersebut mampu meningkatkan performa kerja semua karyawan dan keberhasilan suatu perusahaan.
  • Perusahaan memberikan rasa nyaman dan aman pada semua karyawan, baik jajaran atas maupun bawah sehingga, meminimalisir terjadinya hambatan dalam suatu pekerjaan.
  • Mampu meningkatkan keuntungan dan pendapatan tempat bekerja dengan menekan angka kecelakaan dan penyakit pada karyawan.
  • Menjadikan nilai tambahan bagi perusahaan tersebut karena mampu melindungi serta menjamin keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan.

Sebuah perusahaan dikatakan berhasil jika mampu melaksanakan pelatihan k3.

 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *