Mesin dish washer merupakan mesin pencuci piring yang dijalankan secara otomatis. Di Indonesia, jumlah pemakaian mesin ini lumayan dikenal. Kinerjanya yang praktis dan hasil pencucian yang juga tak kalah dengan cara mencuci piring secara manual. Meski demikian masih terhitung jarang juga yang menggunakan mesin ini di rumah. Alasannya karena jumlah cucian piring yang rata-rata setiap hari tidaklah besar.

Namun bagi yang mengelola bisnis rumah makan atau restoran, mesin pencuci piring dianjurkan terutama yang jumlah pelanggannya terus meningkat tajam. Mesin cuci piring yang digunakan oleh bisnis restoran termasuk dalam commercial kitchen equipment. Yakni serangkaian perangkat memasak untuk tujuan komersil atau bisnis.

Lebih Cepat dan Hasilnya Memuaskan

Mesin pencuci piring otomatis terbukti bisa memproses lebih cepat dari cara kerja manual. Seperti yang kita ketahui, untuk mencuci satu buah piring biasanya membutuhkan beberapa detik atau bahkan bisa lebih dari satu menit. Hal itu disebabkan oleh faktor sisa makanan yang masih melekat semisal yang berkuah atau yang susah dibersihkan.

Apakah mesin pencuci piring otomatis ini dapat menghasilkan sesuai cara kerja manual? Yakni hasil pencucian piring yang kinclong dan tidak menyisakan lemak atau minyak. Mekanisme kerja mesin ini adalah digerakkan secara otomatis ketika sudah dinyalakan. Mesin menyemprotkan air panas bersama deterjen yang kemudian membilasnya sampai bersih. Kunci utama bagaimana hasil penyemprotan dan pembilasan itu adalah dari daya tekanan air yang keluar dari mesin. Karena itulah mesin ini didesain secara rapat yang berfungsi mencegah rembesan air dari dalam mesin yang sedang bekerja.

Menghemat Biaya Operasional

Kalkukasi bisnis rumah makan atau restoran yang menggunakan mesin ini kadang dianggap bisa menguras anggaran. Karena harga satu unit saja sudah lumayan. Dan tidak heran jika kebanyakan masih menggunakan tenaga kerja manual alias menggaji orang untuk mencuci piring, atau yang sering terjadi adalah karyawan yang merangkap kerja untuk mencuci piring. Untuk praktik bisnis, hal semacam itu akan berakibat kurang baik.

Padahal, menyediakan satu unit mesin cuci piring justru dapat menghemat biaya operasional. Pertama-tama memang harus mengalokasikan anggaran. Namun setelah itu baru terasa bagaimana biaya yang sebelumnya terasa besar untuk operasional dapur jadi semakin berkurang. Daripada mengeluarkan biaya tambahan untuk menggaji orang mencuci piring, penggunaan mesin ini jauh lebih masuk akal untuk logika bisnis.

Bisa Diatur untuk Penghematan Air

Pemakaian mesin pencuci piring dapat dioptimalkan termasuk bagaimana siasat menghemat air. Ada pengaturan khusus supaya kapasitas air yang digunakan tidak berlebihan dan hasil pembersihan piring pun tetap terjaga kualitasnya. Di samping itu, perawatan mesin ini juga terjamin mudah dan tidak akan menimbulkan masalah selama mengikuti petunjuk pemakaian dan pemeliharaan mesin.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *